[Tips] Berpetualang di Cyelon

“Kenapa Sri Lanka?”

Pasalnya sederhana, saya pencinta teh. Salah satu brand teh favorit saya adalah dilmah, apalagi earl grey. Nah, di sinilah muncul mimpi kecil untuk mencicipi teh dilmah di negara kelahirannya. Selebihnya saya serahkan pada semesta untuk mewujudkannya. Biasanya harga tiket murah yang membantu memberi mimpi-mimpi ini kaki. Apalagi kali ini, seorang teman baik tertarik untuk berpetualang bersama di Cyelon.

Selain termasuk ke dalam 3 besar negara penghasil teh di dunia, Sri lanka yang juga punya kota-kota tua yang indah dengan alam yang masih asri. Kelebihan lain yang menarik pejalan datang ke Sri Lanka adalah kereta apinya. Perjalanan dari Ella menuju Kandy digadang-gadang sebagai perjalanan kereta api terindah di Asia.

Selain dijuluki sebagi permata di lautan India, Cyelon juga disebut negara Serendip, yang berasal dari kata serendipity. Saya pribadi mengartikannya sebagai hal tak tertebak yang menyenangkan. Ya, negara ini penuh dengan kejutan. Persis seperti ucapan teman asli Sri Lanka yang berkata, “Everything can happens in Sri Lanka!”

Beberapa tips yang semoga membantu buat siapa-siapa yang ingin mengunjungi negara ini:

  • Sri Lanka terpengaruh oleh angin musim. Daerah Barat – Selatan mengalami musim hujan dari bulan Mei – September, sedang Utara – Timur dari bulan Oktober – Januari. Saat membeli tiket, pastikan cuaca di daerah tujuan kalian ya. Pada saat musim penghujan, biasanya cuaca di tempat terdampak sangat absurd. Untuk Nuwara Eliya dan Kandy, rata-rata cuaca di sini cukup aman untuk dikunjungi sepanjang tahun.

 

  •  Kartu telepon yang punya jangkuan sinyal bagus di Sri Lanka, Dialog.

 

  • Mata uang Sri Lanka adalah Sri Lanka Rupee yang dikenal dengan sebutan LKR. 1LKR ~ 70 rupiah. Mencari LKR di money changer cukup sulit, namun di bandara kedatangan Colombo, bisa dengan mudah ditemukan ATM untuk menarik LKR. Tips: CIMB NIAGA ON ACCOUNT – DEBIT yang berlogo Mastercard, punya biaya tarik tunai gratis di luar negeri, selama saldo setelah transaksi lebih dari Rp.1.000.000,-   Buat yang tidak punya kartu CIMB, bisa juga menggunakan kartu Jenius. Untuk transaksi tarik tunai di luar negeri, Jenius mengenakan Rp.25.000,- / transaksi.

 

  • Sebagian besar kereta di Sri Lanka adalah kereta tua yang berjalan dengan laju perlahan. Bagi penikmat perjalanan, duduk manis memandangi jendela tentu bisa jadi terapi tersendiri. Jadwal dan rute kereta Sri Lanka yang paling dapat dipercaya bisa dicek langsung disini. Beberapa harga sedikit berbeda, namun tidak terlalu jauh. September 2019 kemarin, tiket Colombo – Galle saya beli dengan harga 240 LKR meskipun di tiket tertulis 180 LKR.

TIPS: Dari Colombo ke Galle, ambil kursi sebelah kanan ya. kamu bisa melihat samudra India di sana. Dari Ella ke Nuwara Elliya, duduklah di sebelah kanan. Dari Nuwara Elliya ke Kandy duduk di sebelah kiri.

 

  • Bis di Sri-Lanka itu punya kasta. Dari bis ekonomi, minu bus sampai VIP. Ingin punya pengalaman authentic di Sri Lanka? Coba naiki berbagai jenis bis di Sri Lanka. Ini beberapa jenis bus dengan harganya yang kami naiki:                                                    1.  Bis ekonomi non AC  no #31 Mattara ke Ella, perjalanan 5 jam harga 280 LKR. — Label Kuning
  • 2. Mini bus AC no #47 Nuwara Elliya – Kandy, perjalanan 3 jam harga 250 LKR, Label Biru
  • 3. Mini bus AC VIP #43 Kandy -Anuradhapura via Dambula, 2.5 jam harga 400 LKR – Label Hijau
  • 4. Mini Bus AC VVIP berlabel ungu, sayangnya saya tidak pernah menemukannya. mungkin lain waktu.

CATATAN: Biksu adalah orang yang sangat dihormati di Sri Lanka, untuk itu biksu selalu diberi tempat premium alias bangku deretan pertama. Biksu juga tidak boleh duduk bersebelahan dengan perempuan.

Selebihnya, siapkan saja mata dan hati untuk menikmati perjalanan ya!

 

NOTE: untuk foto-foto dan cerita bisa cek ke highlight akun IGku: @natalia_oetama

Bandung, 2020-02-09

ivy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s