[Review] Flights

“Hell God, what she ate?!” ucap saya di halaman-halaman awal membaca Flights dari Olga Tokarczuk. Buku setebal 400 halaman ini seperti judulnya membuatmu terbang dan melayang-layang dengan cerita-cerita yang ada di dalamnya.

Membuatmu terpukau dengan sejarah, membuatmu terpana dengan cerita, membuatmu bertanya-tanya dengan segala narasi dan pemikirannya.

“Nobel prize  book that we talk about.” begitu ucap teman menanggapi kekaguman saya akan buku tersebut.

Cerita-cerita yang ada di Flight bervariasi dari cerita yang sangat sederhana hingga cerita yang terasa di luar nalar. Realita dan sejarah yang dijahit rapi lalu disajikan di mejamu. Ibarat sajian, makanan ini dimasak dengan tepat bumbu dan tepat rasa, serta ditata dengan benar sehingga menunjukkan padamu apa-apa yang butuh kamu kunyah, apa-apa yang mau tak mau hanya bisa ditelan tanpa pertanyaan. Sarkas tapi cerdas!

Kalimat-kalimatnya juga dirangkai dengan manis sehingga mampu membelaimu sekaligus menamparmu telak. Meski begitu kalimatnya tidak tajam-tajam karena dibalut cerita nyata yang membuatmu merasakan bahwa pemikiran itu hadir dari pengalaman pribadi sepanjang perjalanannya. Hal yang ingin dibagi, keresahan yang juga meresahkannya.

Cerita-cerita itu begitu manusiawi sehingga tak membuatmu merasa digurui. Cukup untuk membuatmu terdiam beberapa saat untuk menarik nafas dan mengakui bahwa celah pandang ini benar adanya.

Salah satu quote yang ingin saya jadikan catatan mental:

“A person who knows what he’s asking is someone who can expect an answer soon.” ~ Olga Tokarczuk

Kalimat pengingat lainnya dalam menjalani hidup,

“Time, meanwhile, seems a simple intrument for the measurement of tiny changes, a school ruler with a simplified scale — it’s just three points: was, is and will be..” ~ Olga Tokarczuk

Meski menurut Olga, “Describing is destroying..” saya merasa penting untuk memberitakan tentang buku yang bagus. Qoute terakhir yang juga jadi favorit saya:

‘The earth is round, let us not be too attached, then to direction.”~ Olga Tokarczuk

Padang, 2019-12-31

Ivy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s