[Thought] Pekerjaan Harian

“This is the way of living…” ucapan narator di akhir sesi Vipassana saya terngiang-ngiang kembali di kepala.

Di pagi-pagi begini, tepat sebulan yang lalu saya turun gunung. Pulang dengan badan ringan dan perasaan tenang. Merasa mampu menghadapi dunia, apapun yang terjadi. Yakin.

Hari ini saya bangun dengan badan yang lebih berat dan sakit di bahu kiri yang akhir-akhir ini kambuh kembali. Kecemasan dan perasaan campur aduk. Tegang.

“This is the way of living..” kembali ucapan ini terlintas di kepala. Pekerjaan harian yang butuh diusahakan setiap hari dan setiap saat. Saya tersenyum, ada sedikit beban yang terangkat ketika menyadari hal ini. Namun tentu saja tak menjamin bahwa tak akan ada beban lain yang menghampiri di menit-menit selanjutnya.

Lalu apa gunanya Vipassana kalau toh tetap kembali keadaan semula? Saya jawab, awareness. Sebagai manusia bukan dewa, saya masih belum mahir mengontrol pikiran ini. Ia masih sering pergi dan melalang buana ke tempat-tempat tak tertebak. Tapi kini, saya bisa menyadarinya, saya belajar untuk lebih peka dan sadar.

Tak semua yang dipikirkan pikiran adalah kenyataan. Sebagian hanya respon kita pada hal-hal yang tidak kita sukai. Bahkan untuk menyadarinya hal ini lagi dan lagi bukan pekerjaan mudah. Dibutuhkan latihan terus menerus untuk berdamai dengannya. Menerima cara kerja pikiranmu dan jadi pemilik yang baik dan pengertian.

Akar dari segala hal, perubahan. Perubahan membuat kita merasa marah, kecewa atau kesal. Perubahan rencana, perubahan perjalanan, perubahan sikap, perubahan cuaca, perubahan kebiasaan, perubahan status, perubahan daya, perubahan kemampuan, perubahan fisik. Perubahan, baik dari dalam ataupun dari luar tak pernah bisa dielakkan. Kemampuan menerima perubahan ini yang menjadi tolak ukur, seberapa tenang dirimu dalam menjalani hidup.

Sekali lagi, teman ini pekerjaan harian yang butuh diusahakan setiap hari. Ingat, tak perlu berlama-lama di depan pintu untuk mencari asal muasal masalah, tugasmu  menyapu semua debu-debu yang ada.

 PS: Manusia itu aneh, sering mencari-cari kesusahannya sendiri. *wink

Jadi kamu sudah mengerjakan PRmu hari ini?

 

Dago 485, 2019-08-07

ivy

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “[Thought] Pekerjaan Harian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s