[Diary] Mengaku

“I gave up.” ucap saya pada seorang teman baik. “Why?” tanyanya.

“I need to admit that i am wrong..” tutur saya.

Setengah bercanda dia berkata, “Maybe that decision save your life..”

Foto diabadikan pada pukul 22.10 waktu KL

Yes, lesson learned.

Saya sering kali impulsif. Tak jarang saya melakukan atau memutuskan hal-hal tanpa banyak pertimbangan. Salah satunya ketika membeli tiket Myanmar. Dua minggu silam ketika berselancar mencari tujuan perjalanan selanjutnya saya menemukan tiket dengan harga yang cukup murah. Tanpa mencari lebih jauh saya membelinya.

Berjalannya waktu dan memulai riset, saya mendapati beberapa fakta yang luput dari pertimbangan, cuaca. Bulan Mei adalah bulan terpanas di Myanmar. Temperatur di Yangon rata-rata mencapai 36 degre dengan real feel 41-42 degre. Apalagi Bagan yang jadi salah satu tujuan utama saya, 40 degre dengan real feel 45 degre. Sauna? Setara oven.

Seminggu terakhir saya habiskan dengan berulang kali mengecek temperatur secara online. Pagi, siang dan malam, lagi dan lagi. Hasilnya tetap panas tak berubah barang 1 degree pun.

“Btw, if you stay at a nice hotel it’s should be okay..” tambahnya.

Saya diam lalu tersenyum. Sebelum saya sempat menanggapi cepat-cepat ia menambahi. “But, of course it is up to you, dear…”

Ada engan sekaligus ego yang berperang seminggu ini. Ada pertimbangan dan kesadaran hingga akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan perjalanan menuju Myanmar. Sebulan terakhir dengan segala loncatan dari pekerjaan satu ke perjaan lainnya, saya sadar saya tak mampu dan tak mau untuk menghadapi heat wave di Myanmar.

Saya hanya ingin pulang ke sarang nyaman. Memeluk boneka kesayangan dan menatap hujan bersama nona yang sedang basah dengan temperatur 22-28 degree. That’s a perfect weather for doing nothing.

Pelajaran memang  bisa datang dalam berbagai bentuk, kali ini dalam bentuk kerelaan untuk mengakui bahwa saya salah. Tak peduli seberapa lama kamu bertualang, kamu tetap murid dari perjalanan setidaknya perjalanan hidup.

 

On the sky to KL, 2019-5-8
Ivy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s