[Sleep in] The Sidji Pekalongan

“Wah tinggal di hotel keren!” begitu celutukan salah seorang teman asal Pekalongan ketika tau saya menginap di The Sidji. Ketika itu saya hanya mesem-mesem.

Kala itu saya datang dengan status ngintil seorang teman yang bekerja dan diberi fasilitas hotel. Saya tak mencari tau banyak hal menyoal hotel yang akan diinapi, cukup tau saya punya tempat “nginep gratis.”

Ketika malamnya saya tiba di pelantaran hotel yang beralamat di jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No.66 ini, tak bisa tidak saya mangut-mangut mengiyakan ucapan teman saya.

Dari depan hotel ini terlihat seperti rumah tua bergaya kolonial. Logo harimau bewarna emas jadi pusat perhatian yang tak bisa tidak menandakan jabatan dari orang yang pernah tinggal di sana. Berjalan masuk kursi-kursi kayu yang diletakkan di depan pintu masuk memperkuat kesan hommy dari tempat ini.

Terakhir saya tau, tebakan ini benar adanya. Area resepsionis adalah bekas rumah  lama dari Tong Koey, Lieutenant der Chinezen (Letnan Chinese) yang dialih fungsi dengan mempertahankan segala keasliannya. Jika berkunjung ke sini, kamu bisa melihat radio tua, kursi tua bahkan lemari tua dengan buku-buku berumur lebih dari dirimu.

Lalu gimana kamarnya? Tenang, meski mempertahankan cerita dari rumah tuanya, bangunan dari hotel The Sidji sendiri adalah bangunan baru yang kamarnya juga begitu nyaman dan berjendela lebar. Semua kamar di the Sidji memiliki pemandangan ke arah tengah, ke kolam renang kecil yang bersebelahan dengan restoran yang diberi nama Nostalgia.

Buat saya, hal penting yang membuat sebuah hotel nyaman adalah stok kontak dan penataan meja. Untuk kedua hal ini The Sidji melakukannya dengan sangat baik. Stok kontak ada di kiri dan kanan tempat tidur. Meja kerja yang ditempatkan di samping jendela juga dilengkapi dengan stok kontak. Nilai plus lain, tinggi ukuran meja dan kursinya tepat, cocok untuk kerja! Suka.

Kamar mandinya juga lengkap dengan hair dryer. Rasanya semua hal diletakkan sesuai dengan tempatnya. Jadi jika hotel ini dibandrol dengan title hotel keren, saya rasa tak berlebihan.

Hal menyenangkan lainnya dari The Sidji, di hotel ini selalu diputar lagu-lagu Jawa lama untuk membuatmu berasa nostalgia. Cerita lengkap tentang sejarah hotel ini bisa dilawat langsung di website ini ya.

Comfort : *****

Price : *****

Clean : *****

Location : *****

Food : *****

Service : *****

Value for money : ****

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s