[Diary] Dreamy

Blurry, padang 2019

Setelah dua tahun berturut-turut kehilangan ayah dan tante, akhirnya tahun ini saya kembali bisa menyambut tahun baru Tionghoa. Ada yang aneh, ada yang tak biasa. Gegap gempita suka cita yang ada malah seakan membuka luka lama. Luka yang saya pikir sudah mengering dan terawat waktu di pojok sana.

Pa, aku rindu. Lama juga tak mengirimimu surat. Bagaimana keadaan di atas sana?

Oh ya, tahun lalu luar biasa, tahun pertama saya yakin secara finansial pekerjaan yang gonjang ganjing tanpa jam kerja ini mampu membuat saya penuh. Oh tentu kamu paham bukan, anakmu ini tak berbicara soal pundi-pundi. Tapi berbicara tentang kata cukup, punya cukup uang untuk makan enak jika mau, punya cukup uang untuk berjalan, punya cukup waktu untuk keluarga, punya cukup waktu untuk sahabat-sahabat. Terpenting, ada rasa ringan dalam melangkah.

Di tahun 2019, belum apa-apa semesta sudah mengirimi saya doa yang saya minta. “Lebih banyak kesempatan untuk belajar…” begitu pinta saya. Di bulan perdana kemarin, pintu-pintu tersebut seperti terbuka secara bersamaan hingga nyaris membuat saya terenggah-enggah dengan kesempatan yang ada. Mungkin benar nasehat orang tua, hati-hati dengan apa yang kamu minta.

Selebihnya rumah ini masih sama rusuh dan riweuhnya seperti 2 tahun lalu. Bedanya tak ada lagi yang membantu kami untuk hal-hal teknis. Tak ada lagi yang menyetok obat untuk kalau-kalau kepepet. Tapi tenang, semua hanya soal menjadi biasa bukan. Kami mulai terbiasa mencari cara lain menanganinya.

Pa, saya yakin ini semua karena ada kamu sebagai pendoa yang baik di atas sana. Jangan marah, kalau kami belum sempat mengunjungimu ya. Rutinitas membuat kue lapis sedang membludak dan menghabiskan hampir seluruh waktu dan tenaga. Segera, segera kami akan berkunjung, walau saya tak pernah benar-benar percaya kamu ada di sana.

Bukankah kamu ada di cercahan bintang yang tiap malam saya lihat?

 

 

Padang, 2019-02-01

ivy

*Biru yang menuturkan rindu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s