[Thought] Merawat Diri

Bagaimana caramu melewati pagimu? Adakah ritual khusus yang kamu lakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitasmu? Hal-hal kecil detil yang tanpa kamu sadari mampu membuatmu merasa lebih berenergi dan lebih penuh. Saya menamainya cara merawat diri.

 

IMG_2447

Merawat diri, The Siji 2019

Saya tak pernah benar-benar menyadari hal ini sebelumnya, hingga seorang teman sekaligus mentor membuat saya sadar akan hal ini. Membuat saya mengerti bahwa merawat diri sendiri adalah proses penting yang mampu merubah banyak hal. Blognya bisa dilawat di sini.

Hal ini sejalan dengan yang digaungkan oleh Esther Perel, psikolog ternama menyoal Human Relationship. Pun menurut Esther, di tengah masyarakat kita selalu dituntut untuk memenuhi apa yang orang lain inginkan, kita sering lupa untuk mendengarkan apa yang sebenarnya kita mau. ‘Tanaman’ apa yang sebenarnya ingin kita pupuk?

Buat saya,  merawat diri berarti menyediakan waktu pertama di pagi hari untuk menulis jurnal atau menulis blog. Waktu untuk bercakap-cakap dengan diri sendiri, waktu berharga untuk mendengarkan dan memanjakan diri. Waktu yang saya berikan hanya untuk memeluk dan mengajak diri bersantai dan bersenang-senang.

Diri seumpama mobil, butuh diisi bensin agar bisa berjalan. Nah bensin saya adalah catatan-catatan absurd begini. Kalau kamu apa bensinmu? Apa ritual pagi atau malam yang membuat dirimu bisa berjalan dengan mulus?

Hal paling mewah itu waktu, maka sudah sepantasnya dan selayaknya sang diri selalu mendapatkan waktunya sendiri bukan?

 

Pekalongan, 2019-1-7

ivy

 

Advertisements

3 thoughts on “[Thought] Merawat Diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s