[Thought] Kalibrasi

DSCN5671

Luang Prabang, 2014

Apa kata pertama yang terpikir jika mendengar kata sendiri? Jawaban yang saya tuliskan di pagi ini adalah recharged.

“For me being alone, feel.. “

Analogi yang serta merta memenuhi kepala ketika membaca kalimat intuitive writting untuk hari ke 16 di atas adalah benda elektronik dan charger. Bukankah setiap benda elektronik butuh diplug ke listrik atau butuh mengisi daya baterainya? Manusia saya yakini juga begitu.

Bagi saya pribadi, baterai diri ini hanya bisa terisi saat saya bersendiri. Saat saya mengambil momen sunyi dan berkencan dengan diri. Ketika kamu punya waktu intim berdua dengan diri, kamu punya kesempatan untuk mendengarkan sang diri dengan lebih seksama.

Selayaknya pasangan yang butuh waktu mesra berdua untuk saling terbuka dan berbagi keluh kesah. Mengajak kepala untuk duduk bersama. Memilah isinya tanpa interupsi dari orang lain. Sekaligus punya ruang sunyi untuk mendengarkan bisikan lembut hati. Hati yang seringnya tertutup dengan segala logika, hati yang merupakan pelita terpenting yang butuh diselaraskan dan dipahami untuk membuat langkahmu lebih ringan.

Proses pengisian ini tentunya berbeda bagi setiap orang. Buat sebagian orang ada yang butuh waktu konsisten untuk terus menerus mengisi dayanya, bukan karena mereka tak suka keramaian hanya karena mereka terlalu sensitif dengan segala kegaduhan dunia. Ada yang waktu kalibrasi dirinya lebih singkat dibanding waktu pakainya, ada juga yang malah berkebalikan. Lumrah dan boleh saja.

Hal terpenting adalah kamu tau persis kapasitas bateraimu. Berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk kalibrasi dan mengisi diri? Berapa lama baterai ini mampu bertahan? Karena mengisi baterai secara berlebihan ataupun menggunakannya secara berlebihan sama-sama memberi efek yang tak baik. Bukankah semua yang berlebihan selalu punya efek yang tak biasa?

Lalu kamu, kapan terakhir mengisi dan mengkalibrasi dirimu? Apa kamu nyaman bersendiri dengan dirimu? Hipotesa saya pagi ini:

“when you enjoy being alone with yourself, then you on the way to make peace with the world.  ~Blueismycolour”

Kupa- Bandung, 2018-10-16

ivy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s