[Review] Sirkus

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata sirkus? Apapun frasa yang kamu gunakan untuk menggambarkan tentang sirkus, buku ini akan menghadirkannya. Janji.

Tur Kenangan, Sirkus 2018

Bak pemain akrobatik, Abi membuat cerita-cerita yang ada di dalam buku Sirkus meliuk-liuk begitu indah. Membuatnya terbang tanpa dikira dan menukik tajam. Membuat penonton terpekik tegang dengan pilihan cara Abi mengakhiri ceritanya.

Ke 23 cerita yang ada di dalam buku ini merupa kru pemain sirkus sungguhan. Mereka saling bahu membahu mempertontonkan keanehan, walau saya lebih suka menggunakan kata keunikan untuk menjelaskan kemampuan mereka itu.

Sebagian dari cerita ini terasa begitu hangat hingga tiba-tiba menamparmu. Sebagian lain kaku namun berhasil membuat nuranimu tergelitik. Abi demikian lihai dalam mengatur permainan kata dan menyelipkan segala macam protes dan tantangan menyoal nilai-nilai umum yang sering mendiskriminasikan. Menguak dan menunjukkan boroknya dengan cerita yang begitu tajam.

Membukakan mata pembaca tentang berbagai stigma atau norma-norma yang sering kali diterima begitu saja. Tentang hal yang coba dipoles dan diberi pemanis buatan. Pada hal-hal ini Abi meninggalkan rasa pahit dan getirnya. Membuat tamat yang berakhir tragis dan menyerahkan intepretasi sepenuhnya pada pembaca.

Salah satu quote favorit saya,

“hanya dengan berhenti mengharapkan apapun, kamu kemudian dapat merasa bebas.” ~ Sirkus, Abi. A

Buku ini liar dan satir, sarat dengan pesan dan dobrakan menyoal ketimpangan sosial, seks, menyoal tubuh, menyoal perempuan. Abi mengajak kita untuk sama-sama menonton hal-hal nyata yang selama ini disembunyikan, atau sering luput kita sadari. Menertawakannya bersama.

Pertanyaan saya, kamu tertawa di atas panggung sirkus atau sebagai penonton?
Dago, 2018-10-1

Ivy
 

 

 

 

 

Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi berbagi macam cerita unik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s