[How To] Sleeping Bus Saigon to Dalat

Itinerary pertama saya di Vietnam adalah Dalat. Maka begitu menginjakkan kaki di Saigon, tanpa berlama-lama dengan keriuhan kota ini di malam yang sama saya segera menuju Dalat.

Vietnam yang hampir semua terletak di daratan, membuat perpindahan antar kota termurah jatuh pada sleeper bus. Saya mengikuti rekomendasi seorang teman asal Vietnam, maka pilihan saya jatuh pada The Shin Tourist. “They can speak English..” begitu ucap sang teman meyakinkan.

img_1663.jpg

Kantor The Shin Tourist terletak di Pham Ngu Lao, salah satu daerah tersibuk di Saigon. Pusatnya hostel dan GH murah, berbagai bar-bar pinggir jalan dan tentunya street food yang menjamur di hampir seluruh trotoar.

Dari Bandara Saigon, kita bisa menggunakan publik bus untuk menuju tempat ini. Tulisan menyoal ini bisa dibaca di tautan berikut.

Sebelumnya, secara online melalui website Shin Tourist saya sudah melakukan pemesanan dan pembayaran menggunakan kartu kredit. Maka ketika masuk ke kantornya yang besar lagi nyaman, dengan serta merta seorang CS yang fasih berbahasa Inggris menyambut kami.

Tak sampai 5 menit, email booking berubah menjadi 2 tiket, 2 botol aqua, 2 tag untuk bagasi dan 2 lembar tisu basah. Profesional pikir saya.

IMG_1682

Ketika bus kami datang, semua rasa cemas saya sirna. Bus yang akan membawa kami dalam perjalanan 6 jam menuju Dalat, adalah bus baru yang begitu bersih. Pertama-tama bagasi akan disusun rapi, lalu tiap orang bersusun untuk mengambil plastik pembungkus sepatu dan memasuki bus tanpa alas kaki.

IMG_1684

Bus malam itu terdiri dari 3 baris dengan posisi atas dan bawah. Saya memilih posisi di atas. Alasannya sederhana, supaya saya lebih leluasa dan tidak terlalu terganggu dengan lalu lalang orang. Meski disebut sleeper bus, kursi di dalam bus ini lebih merupa kursi tidur dengan senderan yang bisa diatur ke beberapa posisi.

IMG_1685

Sempit? Mungkin saya akan memilih kata ekonomis dan ringkas. di sediakan tempat kaki yang sekaligus berfungsi untuk menjadi bagasi kecil kita. Disediakan juga bantal kecil dan selimut. Not bad hah?

Harga 1 kali perjalanan dari Saigon – Dalat sebesar 169.000 VND ~105.000 rupiah untuk perjalanan sejauh 310km. Satu-satunya komplain saya, jadwal mereka seharusnya lebih banyak dan lebih malam dari pukul 22.00, agar ketika tiba di Dalat di pagi hari bukan subuh. (Maret 2018, saya sampai di Dalat pukul 04.00 am dini hari.)

 

Tips :

  • Gunakan baju yang nyaman ketika menaiki bus malam. Sediakan juga satu jaket untuk membuatmu nyaman.
  • Pisahkan barang-barang berharga di 1 daypack untuk bisa dibawa serta ke dalam bus
  • 3 kursi teratas punya tempat kaki yang lebih lelusa
  • Sediakan penutup mata
  • Bus malam sering kali sampai lebih cepat dari perkiraan yang ditentukan, pastikan kamu punya hotel/GH di tempat tujuan –> INI COMPLAIN TERBESAR YANG SERING DISUARAKAN traveler ketika terlunta-lunta di subuh hari di tempat tujuan.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s