[How To] Padang to Pariaman in The Cheapest Way

Emang ada kereta api di Padang? Ada, di Indonesia kereta api hanya ada di Jawa dan Sumatera, salah satunya ya di Sumatera Barat.  Nah, jalur Padang-Pariaman dengan KA Sibinuang adalah salah satu jalur kereta terfavorit di Padang.

Kota Pariaman terletak sekitar 40 km dari kota Padang. Kota kecil yang juga terletak di pesisir pantai ini terkenal dengan beberapa kuliner khasnya seperti sate Pariaman dan juga nasi sek yang pas dinikmati bersama debur ombak. Hal ini juga yang membuat kereta Padang-Pariaman selalu digandrungi penumpang. Selain murah, kereta ekonomi ini juga sudah sangat nyaman. Satu lagi nilai plus, statiun Pariaman terletak persis pinggir pantai Gondaria. Maka lengkaplah jalur ini menjadi paket kompit murah meriah dan menyenangkan bagi warga Sumatera Barat.

Penampakan Pantai di belakang statiun

Dengan tiket seharga 5000 rupiah per orang, penumpang sudah bisa merasakan kenyamanan perjalanan dengan KA Sibinuang. “Wah mewah!” itu hal pertama yang terlintas di kepala ketika menaiki kereta ekonomi ini. Pasalnya, setiap Gerbong ekonomi dilengkapi dengan 3 AC. Selain itu, setiap empat bangku yang saling berhadapan terdapat 2 colokan listrik. Kursinya meskipun berhadap-hapadan, namun  sudah terbuat dari busa yang cukup empuk.

Begini penampakan gerbong ekonomi yang terbilang mewah bagi saya

KA Sibinuang yang beroperasi sebanyak 4x trip Pariaman-Padang ini memiliki 4 gerbong ekonomi dan 1 gerbong tambahan untuk mereka yang tidak kebagian tempat duduk. Gerbong tambahan ini juga memiliki tempat duduk, hanya saja berlaku sistem siapa cepat dia dapat bagi mereka yang terlambat mendapatkan nomer bangku di 4 gerbong ekonomi. Gerbong tambahan ini jug ber-AC walau kadang seringnya rusak dan tidak terlalu dingin.

Begini penampakan gerbong tambahan

Buat anda yang berminat menjajal kereta ini, datanglah sekitar 1 jam sebelum keberangkatan untuk memastikan kamu memperoleh tempat duduk. Oh ya, sesampainya di Pariaman, sebaiknya membeli dulu tiket kembali. Loket tiket dibuka sekitar 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Jadwal KA Sibinuang dapat dilihat di bawah ini

 

Related image

Jadwal dari google

 

Bravo untuk PT kereta api yang semakin hari semakin meningkatkan pelayanannya. Terima kasih seribu!

 

Perjalanan dilakukan : 15 Mei 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s