[Sleep in] Menginap di Rumah lebah

IMG_2326.jpg

Apa yang menjadi patokanmu dalam memilh hotel? Apakah harga? Lokasi? Kenyamanan? Makanan? Atau keunikan? Nah saya  salah satu orang yang senang mencoba hotel unik, tentunya yang masih pas di kantong backpacker saya.

Bulan Maret kemarin dalam perjalanan menyusuri Vietnam Utara saya berkesempatan menemukan hotel ini ketika mencari-cari tempat untuk berteduh di Ha Giang. Provinsi paling Utara Vietnam ini punya pemandangan alam yang luar biasa. Pagar alami dari  batuan kartz yang memagari kota ini dan danau lebar di tengah kota yang juga ikut jadi sarana transportasi sekaligus penyegaran sungguh mempesona. Jika kamu dalam waku dekat berencana mengunjungi Ha Giang, mungkin hotel yang sekaligus kafe ini bisa dijadikan pilihan.

IMG_2335.jpg

Ketika pertama sampai di hotel ini, jam sudah cukup larut. Maka baru keesokan paginya saya sadar betapa pemandangan yang diitawarkan di depan jendela kamar saya begitu menyejukkan. Hotel yang berbentuk seperti sarang lebah ini seperti hexagon kecil yang timpa menimpa. Ide menarik dan lucu untuk sebuah capsule hotel.

IMG_2336.jpg

Ong Vang hotel yang terletak di pinggiran sungai  memberikan nilai positif tersendiri buat para pecinta pemandangan. Bagi saya adalah hal mewah bisa  bangun dengan  pemandangan gunung-gunung kartz dan lantunan air sungai yang mengalun pelan. Titik-titik embun yang tak jua beranjak pergi karena matahari yang masih malu-malu di awal bulan Maret menambah nyaman keletakanmu dengan selimut.

IMG_2332.jpg

Kamar-kamar di Ong Vang tergolong kecil dan imut, hanya dilengkapi dengan 2 kasur di kiri dan kanan pintu lalu sebuah meja  kecil dan colokan di masing-masing kepala tempat tidur, lalu kamar mandi di ujung belakang. Sempit tapi ditata cukup  efisien. Kolong tempat tidur dialih fungsi sebagai tempat meletakkan ransel dan sepatu, disediakan juga sebuah kursi kecil kalau-kalau  butuh untuk memasang sepatu.

Di depan hexagon kecil berpintu kaca ini disediakan kursi untuk duduk manis memandang pemandangan sungai dan pegunungan. Menjelang sore, di  depan hotel dibuka sebuah kafe yang tak jarang digunakan untuk foto-foto karena posisinnya yang strategis. Kehadiran  kafe  ini tentu punya nilai  positif dan negatif. Positifnya jika malas mencari makan –kebetulan posisi Ong Vang berjarak sekitar 1km ke tempat makanan – kamu tak perlu bersusah-susah. Negatifnya, kafe ini ramai di akhir pekan dan seperti kebiasaan penduduk Vietnam, mereka senang ngebir sembari berkaroke. Suara karoke ini biasanya akan berhenti menjelang tengah malam. Ini sebenarnya masalah yang hampir terjadi di seluruh penjuru Vietnam.

IMG_2324.png

Secara  keseluruhan pengalaman menginap di Ong Va Hotel bisa jadi  pengalaman menarik sendiri ketika mengunjungi Ha Giang. Harganya yang tak  lebih dari 150.000 rupiah dan pemandangan ekslusif yang ditawarkan cukup jadi kombo menggiurkan bagi para backpacker. Manager hotelnya cukup ramah dan jadi satu-satunya yang sanggup berbahasa inggris cukup fasih. Di hotel ini kamu juga bisa menukarkan dollar-mu dengan harga yang pantas. (Bagi yang ingin melakukan Ha giang loop, sebaiknya menukar uang di sini, karena selanjutnya akan lebih sulit menemukan penukaran usd ataupun atm)

Catatan kecil, pastikan pintu kamar mandi dapat tertutup rapat, karena ukuran kamar yang  kecil, bau kamar mandi sering kali masuk ke dalam kamar.

IMG_2318.jpg

 

Comfort : ****

Price : *****

Clean : ***

Location : ***

Food : –

Service : ****

Value for money : *****

Ong Vang hotel selain terdapat di Ha Giang juga terdapat di Meo Vac. Untuk harga pastinya bisa langsung mengeceknya di booking.com atau aplikasi sejenis lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s