[Vietnam Diary] Day #4

Setelah dua hari berleha-leha di sekitaran Kota Dalat, hari ini kami memutuskan untuk mengunjungi Pongour  Waterfall. Air terjun ini terletak 40km dari kota Dalat. Kami memilih menggunakan sepeda motor, saya membaca banyak review yang berkata betapa mudahnya mencapai tempat ini.

Untuk memastikan hal tersebut, saya tetap bertanya dengan pemilik hotel mengenai rute perjalanan, teman baru ini menjelaskan bahwa biasanya turis bisa melakukan loop dengan mengunjungi 2 air terjun sekaligus.

“After Pongour go to elephant water fall then go to a nice coffeeshop with lake view…” begitu kira-kira dia memberi arahan sekaligus peta pada google map. Tawaran ide yang menarik, meski setengah ragu untuk melakukan loop karena memperpanjang waktu tempuh menggunakan sepeda motor.

“How long will it take?” tanya saya penasaran. Vat Ty tersenyum sembari bercanda, “It’s deppend on you, how fast can u go? and as long as you are not lost…”

Jawaban yang membuat saya semakin ragu, namun tetap mengucapkan terima kasih lalu berlalu.

“Buy food before you go!” tambahnya.

Maka setelah berbelok ke Lien Hoa, salah satu bakery ternama di Dalat untuk membungkus makan siang. Kami pun bergegas menuju pom bensin dan memulai perjalanan 40 km tersebut dengan excited. 10 km pertama sungguh membuat bahagia tak terkira. Jejeran pohon pinus yang rindang di kiri dan kanan jalan begitu asri menemani jalan berliku-liku nan menanjak, segar di mata segar di paru-paru.

Sebuah jalan raya lebar kemudian menyambut kami, berjalan beberapa km di jalan tol nan besar ini, plank bergambar motor yang dicoret membuat kami bingung. Memandang google map, lalu kembali menunggu di pinggir jalan dalam terik pukul 11 siang dengan angin dingin yang berhembus kencang.  Melawat ke sana kemari, tak ada motor yang memasuki jalan raya tersebut, 2 polisi terlihat berjaga di ujung yang satunya.

IMG_2081

Pongour Waterfall, Dalat 2018

Tapi google map menunjukkan arah ini, lalu? Dengan berat hati kami menyasarkan diri ke jalan kecil di samping tol. Beharap-harap cemas semoga jalan ini bisa menghantarkan kami ke tujuan. Setelah beberapa km berjalan, kondisi sekitar didominasi dengan tanah berpasir nan tandus. Sedikit ragu, tapi kami tak punya pilihan, selain percaya dengan google map. Toh ini jalan besar. Setelah sekitar 15 km berjalan, pemandangan sebuah danau cukup membuat hati tenang.

Tanda Pongour 10 km membuat saya bernafas lebih lega lagi. Berbelok ke kanan, suasana tandus namun penuh dengan lahan pertanian menyambut kami. Masih dengan harap-harap cemas saya melanjutkan perjalanan. Akhirnya setelah total sekitar 2 jam 15 menit kami tiba dengan selamat di Pongour Waterfall.

 

Catatan penting: Perjalanannya tak semudah yang dibayangkan.

Lesson #5

Jangan menganggap remeh sesuatu, hanya karena membaca banyak cerita yang berkata hal itu mudah. Tetap jangan lengah!

IMG_2122

Kami membatalkan niat mengunjungi elephant waterfall karena rute jalan yang disarankan google map terlalu berbatu dan kecil. Mencoba bertanya dengan beberapa orang lokal yang kami temui di Pongour, tidak memberikan hasil.  Memcoba menjajal rute tersebut beberapa ratus meter, namun jalanan menjadi semakin berbatu dan terjal dan hati semakin was-was. Maka seperti pelajaran sebelumnya, saya memilih kembali dan mengutamakan keselamatan.

Di jalanan kembalipun kami sempat tersasar ke jalanan kecil yang terjal namun untungnya pilihan insting dan google map membawa kami kembali ke jalanan yang benar.

Lesson #6

Jika ragu, bertanya pada penduduk sekitar, jika tak ada yang bisa menjawab bertanya pada google, namun terpenting percaya pada instingmu!  

IMG_2123

 

Dalat, 2018-03-10

ivy

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s