[review] Infinitely Polar Bear

Infinitely_Polar_Bear_poster

Picture from google

 

Pernah mendengar tentang sebutan Manic Deprresive? Manic Deprresive atau disebut juga dengan gangguan mental bipolar adalah salah satu penyakit mental yang membuat penderitanya mengalami perubahan suasana hati yang sangat ekstrim. Sekarang bayangkan laki-laki dengan kondisi semacam ini membesarkan dua orang anak perempuan ketika sang ibu harus melanjutkan pendidikannya demi masa depan keluarga mereka. Pelik?

Ternyata kata pelik tak cukup untuk menjelaskan emosi-emosi yang sebenarnya dirasakan. Kisah yang diangkat dari potongan kenangan personal Maya Forbes sebagai sutradara dan penulis membuat cerita ini menjadi semakin hidup. Mark Ruffalo memerankan Cameron, sang ayah yang mengidap bipolar dengan sangat luar biasa. Ditambah peran dari kedua orang anak yang mampu membuatmu tercengang-cengang. Salah satu dari pemeran gadis kecil itu adalah putri kandung Maya Forbes sendiri yang ditempatkan sebagai penggantinya ketika kecil.

Selama 90 menit, penonton akan dibuat terpana dengan kesederhanaan hidup sekaligus jungkir balik emosi dan keadaan yang dialami oleh keluarga ini. Zoe Saldana membuat film ini menjadi semakin luar biasa. Mengapa judulnya terdengar begitu aneh? Karena di akhir film ini akan membuatmu luluh dan sedikit lebih paham tentang kelabilan emosi dari para penderita bipolar. Betapa mereka hanya manusia biasa dengan segala kekurangannya.

“Ayahmu memang mengidap Manic Deprresive Bipolar Disorder, tapi jangan sampai hal ini membuatmu tidak memiliki teman!” begitu pesan sang ayah pada kedua anaknya.

Film hangat ini dirasa berakhir terlalu cepat. Sebagai penonton, saya masih ingin tau dan paham lebih tentang kehidupan mereka. Tapi seperti mengingatkan tiap kita untuk tidak larut dalam film ini, lagu Run of Mill karya George Harrison mengakhirinya dengan sempurna.

 

Though I’m beside you
I can’t carry the lame for you
I may decide to
Get out with your blessing
Where I’ll carry on guessing
How high will you leap
Will you make enough for you to reap it?

Only you’ll arrive
At your own made end
With no one but yourself to be offended
It’s you that decides

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s