[diary] Rajutan & Rumah

6360101310525930891495402223_KnittingBasket

picture taken from google


“Home isn’t a place, its a feeling” ~ Cecelia Ahern

Saya satu dari banyak orang yang meyakininya, bahwa rumah bukanlah bangunan fisik tapi rasa-rasa yang membuatmu penuh dan bahagia, pulang. Salah satu benda yang selalu mampu mendatangkan kenangan rumah pada saya adalah gulungan wol. Ya benang-benang itu selalu membuat saya teringat dengan rasa hangat dan senyum ibu.

“Bentar ya.. Brown nya dioperasi dulu!” ucap ibu dengan senyum sembari tangannya memainkan jarum dan benang wol di atas boneka kesayangan saya. Ini potongan kenangan terhangat yang selalu menelusup setiap kali saya memegang benang wol.

Dulu, di umur 3-4 tahun, saya punya sebuah boneka kesayangan bernama brown. Jangan bayangkan boneka lembut, brown adalah sejenis boneka kaku yang berisi kapuk. Matanya dari manik-manik coklat, ada dasi kupu-kupu merah di dadanya.

Toko Tap yang berlokasi di jalan Niaga Padang adalah tempat awal di mana Brown dijemput. Nama itu diberikan padanya karena sesuai dengan warna bulu-bulunya yang menyerupai beruang kecil coklat. Dua tangan kecil dan kaki Brown memang kaku, hanya lurus tanpa bisa ditekuk. Tapi saya ingat ekspresi wajahnya tetap ramah dengan hidung kecilnya yang membuat gemas.

Ketika tidur, saya senang memainkan hidung kecilnya dengan jari-jari tangan saya. Kadang kala jika gemas, saya mengigitinya. Gigitan dan cubitan ini yang kemudian membuat Brown kehilangan hidungnya. Untunglah ibu cukup sigap dan selalu siap sedia dengan benang wol dan jarumnya. Operasi, memberi hidung pada boneka kesayangan saya.

“Yeahh.. hidung baru!” begitu biasanya pekik saya. Hal sederhana yang membuat saya kembali berbinar dan mengangkat brown dengan gembira.

Toko tap, tempat Brown dijemput kini telah berganti rupa menjadi toko makanan, brown yang dulu selalu menemani saya tidur kini sudah di museumkan di dalam lemari kaca. Tapi ada yang tak berubah, rasa nyaman dan bahagia setiap kali melihat benang wol. Sekelebat kenangan manis tentang rumah.

Apa benda kecil yang mengingatkanmu tentang rumah?

 

Dago, 2017-09-20

ivy

Note : Tulisan ini ditulis dalam rangka mengikuti kelas #creativecirlce yang diadakan beradadisini.com.

Kelas online ini seru dan gratis! Silahkan buat yang berminat ^^

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s