[review] The Brand New Testament

Jika kamu pernah bertanya tentang keberadaan Tuhan. Film The Brand New Testament menjawabnya dengan humor yang satir.

BNT 01

The Brand New Testament , google

Tuhan itu ada. Ya, dan Tuhan hidup di sebuah apartemen kecil di Brussels. Tuhan yang dikisahkan di sini, pemarah, pemabuk dan bosan dengan hidupnya. Manusia adalah objek untuk membuatnya tertawa.

Terdengar menarik? Eits.. itu belum semuanya. Hal yang membuat film besutan Jaco Van Dormael menjadi lebih menarik adalah sudut penceritaannya. Film ini diceritakan oleh anak perempuan dari Tuhan yang diperankan oleh Yolande Moreau.

Film berdurasi 112 menit ini menceritakan pemberontakan Ea, sang anak perempuan berumur 10 tahun pada Tuhan yang adalah ayahnya sendiri. Pertualangan ini yang akhirnya membuat film ini menjadi lebih hidup.

Tuhan yang disebut Dieau, diperankan oleh Benoit Poelvoorde. Di balik humor satir yang diselipkan film ini, disertakan juga humor-humor segar yang pasti membuatmu tertawa. Jika kita cukup cermat, beberapa guyonan ini sebenarnya begitu dalam, tentang keyakinan, tentang kepercayaan dan tentang karma.

Detil dari film ini cukup mengena. Pemilihan karakter dari tokoh-tokoh yang ditemui Ea dalam perjalanannya, sangat mengagumkan. Sebagian besar dari karakter beririsan dengan bagian dari diri kita.

Film ini bukan hanya menyoal Tuhan, namun juga menyelipkan kritik sosial, tentang menjadi manusia, tentang cara mencintai, tentang menjadi orang tua.

Seperti halnya hidup, film ini penuh dengan kejutan-kejutannya. Aneh dan nyeleneh, namun begitu dalam dan bermakna. Pada bagian akhir, bukankah ketika kita mampu menertawakan hidup semuanya akan baik-baik saja?

Film yang dalam bahasa Prancisnya berjudul “Le Tout Nouveau Testament”, cocok untuk mengukur besarnya selera humormu. Film yang dibuat tahun 2015 ini sempat memenangkan kategori film terbaik di beberapa film festival di Eropa ini. Oh, film ini berbahasa Prancis, menjadikannya lebih seksi bukan?

*sebelumnya tulisan ini dipublish di sini.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s