[How To] Airport BIM to Padang in Cheapest Way

Sunset at Pantai padang, west sumatera

Akhir-akhir ini Sumatera Barat mulai jadi lirikan sebagai salah satu destinasi liburan yang menawarkan keindahan alam juga makanan yang lezat dan menggoyang lidah. Para turis dari berbagai kota bahkan manca negara mulai berdatangan ke kota Padang. Hotel dan Guees House juga mulai menjamur di sekitar daerah kampung cina, tempat banyaknya makanan enak serta dekat dengan pesisir pantai.

Apakah ada yang tertarik juga untuk datang bertandang ke ranah minang ini? Sebagai pemberitahuan, bandara internasional Minangkabau atau sering disingkat dengan BIM terletak sekitar 24km dari kota Padang. Dibutuhkan waktu sekitar 40-60 menit untuk menuju pusat kota, tergantung seberapa macetnya kondisi jalan pada saat itu.

Saya ingin berbagi saran dan trik untuk mencapai kota dari bandara dengan cara termudah.

Ada berapa orang rombonganmu? (how many of you?)

  • sendiri atau solo traveller, gunakan DAMRI.

Pemerintah Kota Padang menyediakan transportasi dari dan ke airport dengan harga yang sangat ekonomis. Damri bisa diperoleh di area parkir yang berdekatan dengan taxi, dari pintu kedatangan langsung mengarah ke kiri. Karcis seharga 23.500 (tahun 2015) per orang bisa dibayar langsung di tempat. Adapun rute dari bus ini adalah Bandara – Simpang Duku – Lubuk Buaya – Basko Grand Mall – Ulak Karang – Pangeran Beach Hotel – Jl.Ir H.Juanda – Jl.Veteran – Plaza Andalas – Jl.Diponegoro – Hotel Inna Muara – Hotel Bumi Minang – Jl.Niaga/Pondok – Lapangan Imam Bonjol. Jika ingin berhenti segera saja ketuk kaca, atap dari bus.

Karena banyaknya jumlah pemberhentian, perjalanan dari airport menuju kota diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 60-75 menit.

Adapun jadwal bus DAMRI dari Lapangan iman bonjol berangkat pukul 04.30, 06.15, 07.15 dan berselang setiap jam kecuali pukul 09.15 dan 13.15.

Jadwal lengkap dapat dilihat pada foto berikut:

  • Lebih dari 2 orang, gunakan Taxi Kupon

Jika anda bepergian lebih dari 2 orang ada baiknya menggunakan taxi coupon, selain lebih cepat tentu saja mode transportasi ini akan jauh lebih nyaman dan menghantarkanmu langsung di tujuan. Konter taxi kupon ini juga berada di sebelah kiri anda dari gerbang kedatangan. Berdekatan dengan jejeran taxi-taxi bandara yang telah tersusun rapi. Sebutkan tujuanmu, bayar administrasinya sebesar 15 ribu rupiah dan naik ke taxi. Di akhir perjalanan anda akan membayar sesuai dengan argo yang ditentukan, jika boleh menyarankan gunakan taxi bluebird atau express. Untuk perbandingan harga, dari bandara dengan taxi menuju sekitaran daerah lapangan imam bonjol berkisar 100rb rupiah.

Saat sore menjelang magrib, sebaiknya tidak menggunakan taxi. Daerah sekitar grand Mall Basko sering terkena macet terutama di hari sabtu dan minggu.

Selamat menikmati kota Padang, jangan lupa makan rendang langsung di ranah Minang! Semoga betah dan kembali lagi kampung halaman saya ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s