[review] The Gift : Misteri yang Terbungkus Rapi

thegiftheader

picture from google

 

Apa yang akan kamu lakukan ketika seorang teman kecil yang lama tak kamu ketahui rimbanya terus-menerus memberikan hadiah-hadiah padamu? Meninggalkan kotak berbungkus rapi dan sepucuk surat di depan pintu rumah. Menyenangkan, atau malah mengerikan? Inilah awal cerita dari film perdana yang disutradarai sekaligus dibintangi oleh aktor Joel Edgerton.

Tiga tokoh utama yang bermain di film ini adalah Jason Bateman and Rebecca Hall yang berperan sebagai Simon dan Robyn, pasangan suami istri yang pindah dari Chicago karena Simon mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan, disertai beberapa alasan lain yang nanti akan dipaparkan dengan cara yang begitu telaten, perlahan tapi pasti.

Sutradara Joel Edgerton memerankan Gordo, teman sekolah masa kecil yang terlupakan dengan gerak-gerik yang canggung dan kepribadian yang begitu tertutup.

Kesan misteri memenuhi film ini dari awal hingga pertengahan film. Banyak hal detil yang tidak dituturkan dalam dialog namun

diperlihatkan melalui angle pengambilan gambar. Ada sesuatu yang aneh dengan pertemanan Gordo dan Simon, tapi sulit dijelaskan. Gerak gerik Gordo yang selalu kaku dan misterius mendatangkan banyak pertanyaan.

Butuh ketelitian untuk dapat lebih menghargai film ini. Misteri yang lalu satu-persatu mulai dikupas seiring dengan berjalannya film.

Alur ini tentu saja membuat awal film ini sedikit membosankan dan membingungkan. Semakin ke tengah dan mendekati akhir, alur film menjadi lebih cepat dan sedikit menegangkan, masih dengan misteri-misteri yang mulai terkuak dengan indahnya. Seperti bunga, akhir film ini mekar dengan indah dan mengejutkan.

Cerita sederhana ini sungguh punya pesan-pesan tersembunyi yang terbungkus rapi di dalamnya. Dengan cara yang begitu elegan pesan-pesan itu dibeberkan satu-persatu, tanpa perlu divokalisasi dalam kata-kata.

Penekanan paling penting dari film ini adalah mengenai dampak dari hal-hal kecil di masa lalu yang kita lakukan hanya untuk bersenang-senang, seperti bullying. Peristiwa sederhana yang dulu tak pernah kita sadari dapat saja mengubah kehidupan seseorang.

Drama keluarga ini disusupi dengan intrik-intrik psikologis. Tentang misteri dan rahasia-rahasia terdalam yang disembunyikan pasangan selama pernikahan.

Jika Anda senang dengan drama yang penuh intrik dan menegangkan, drama ini bisa jadi pilihan yang cocok. Cermati dengan teliti setiap detil yang ada. Banyak hal-hal kecil yang diperlihatkan bukan tanpa arti apa-apa. Film ini membuat penonton ikut merasakan sensasi penuh misteri yang naik perlahan-lahan dan dimuntahkan dengan klimaks di akhir film.

Pelajaran penting untuk dicerna dan direnungkan dari film ini. Kadang kala masa lalu akan menemukan jalannya untuk membalasmu telak dan meluluhlantakkanmu hingga tak berkutik.

Untuk lebih jelas sebaiknya tonton sendiri film berdurasi 100 menit ini dan rasakan sensasi misteri yang dibungkus sedemikian rapi satu demi satu. Lalu coba terka akhir dari cerita ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s