[How To] Menyusuri Jogja Berdua, Ringkas & Murah

Setiap orang tentu punya cara masing-masing dalam menikmati perjalanan. Untuk artikel ini saya khususkan untuk para traveler yang punya uang pas-pas an tapi punya segudang agenda yang ingin dikunjungi. Istilah kerennya flashpacker.

Perjalanan menuju Kaliurang

Semua yang pernah ke Jogja pasti sepakat jika dikatakan kota ini punya pesonanya sendiri. Kesederhanaan Jogja dengan segala harga yang bersahabat membuat Daerah Istimewa ini menjadi benar-benar istimewa. Candi-candi menambah eksotika tempat ini, belum lagi dengan gunung, air terjun, dan pantai yang berjarak tak seberapa jauh. Jelas saja Jogja bukan kota yang akan selesai dalam satu kali kunjungan. Mengutip kata dari supir ojek yang mengantarkan saya kala itu “Jogja itu, selalu ada yang tak kamu tau di tiap kelokan”. Hal ini juga yang rasa-rasanya membuat Jogja jadi salah satu destinasi yang tak bosan untuk dikunjungi lagi dan lagi.

Beberapa minggu lalu, untuk kesekian kalinya saya kembali mengunjungi kota ini. Kali ini saya berpetualang bersama ibu. Berpergian dengan orang tua tentu ada beberapa hal yang butuh lebih dicermati, terutama menyoal nyaman. Maka pilihan transportasi jatuh pada motor.

Ribet ga sih pakai motor keliling Jogja? Ga sama sekali, bahkan jauh lebih ringkas dan menghemat waktu. Jarak tempat-tempat menarik di Jogja tidak lebih dari 50 km, contoh terjauh Jogja ke Candi Borobudur yang berjarak ~46km. Maka motor menjadi pilihan yang tepat dan murah bagi yang melakukan perjalanan sendiri apalagi berdua.

Apa saja yang harus dipersiapkan dalam perjalanan menggunakan motor berkeliling Jogja?
1.Kontak peminjaman motor. Sewa motor di Jogja bukan hal yang sulit. Hampir di setiap guess house bisa ditemukan penyewaan motor dengan harga yang bervariasi. Pastikan kamu melakukan perbandingan menyoal lama sewa, ongkos pengantaran dan beberapa servis tambahan
2.Untuk menyewa motor, rata-rata dibutuhkan 3 tanda pengenal yang masih berlaku. Tanda pengenal yang masih berlaku dan bisa digabungkan menggunakan tanda pengenal teman yang dibonceng. ID ini bisa berupa KTP,sim A, KTM, passport, bahkan kartu BPJS
3.Kelengkapan dan keamanan motor yang akan dipinjam. Selain harga pastikan motor dipinjam aman seperti rem depan dan belakang, helm serta jas hujan. Transip Jogja salah satu penyewaan motor yang bisa diandalkan
4.Rencanakan rute dari perjalanan yang ingin dituju untuk menghemat waktu. Cari informasi tentang kondisi jalan dan akses.
5.Selalu patuhi rambu-rambu yang ada. Jika bingung dengan arah jalan dan tak ada sinyal pada telpon seluler anda, ingat GPS (gunakan penduduk sekitar) manual selalu ada. Jangan terkejut dengan petunjuk berupa arah mata angin seperti “terus ke utara dan berbelok ke Timur. ” begini cara masyarakat Jogja memberi arahan.
6.Selamat mencoba dan selamat menikmati Jogja dan setiap kelokannya.

Tidak Tersesat Tidak Berkesan! *wink

 

Transip Jogja

Note :
Transip Jogja
082137676969
Rate : 60-70 ribu/ 24 jam
Kelengkapan : 2 helm dan 2 jas hujan
(gratis antar jemput, minimal pemesanan 2 hari)

Advertisements

2 thoughts on “[How To] Menyusuri Jogja Berdua, Ringkas & Murah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s