[How To] Go around KL for Free

Saya orang yang jika sempat akan melakukan sedikit riset tentang transportasi yang ada di kota/ negara yang dikunjungi sebelum mendatanginya. Transportasi murah dan mudah menjadi salah satu pertimbangan ketika memilih tempat kunjungan. Saya selalu suka sistem transportasi di Kuala Lumpur yang ramah terhadap pendatang, KTM, lrt dan monorail sungguh membantu dan memudahkan warganya dan juga pendatang.

Sejak tahun 2014, pemerintah malaysia membuatnya menjadi lebih menyenangkan dengan menyediakan bus gratis untuk berkeliling KL. Bus ini diberi nama GO-KL. Dari namanya jelas bus ini bertujan untuk menopang pariwisata KL untuk menjadi lebih maju. Siapa yang tidak suka berjalan-jalan gratis di kota baru?

bus GO-KL

Bus GO-KL ini terdiri dari 4 rute yang ditandai dengan jalur merah, ungu, biru dan hijau pada peta . Warna​ bus GO-KL adalah pink, rute dari tiap bus dapat dilihat pada layar depan masing-masing bus.

goKL

route Go-KL

Ini panduan singkat pembagian dari rute dari GO-KL ini :

Jalur Merah disebut sebagai GO Relax yang beberapa pemberhentian hotel atau penginapan terkenal di KL. Titik keberangkatan pertama ada di halte KL Sentral. 

Jalur Ungu disebut sebagai Go Sightsee. Jalur ini cocok bagi para wisatawan sebagai tour berkeliling  landmark kota seperti Dataran Merdeka, KL Tower, dan pasar seni.

Jalur Biru disebut sebagai Go Work dan melewati daerah perkantoran utama di KL seperti Bangkok Bank. Titik keberangkatan awal dimulai dari halte Medan Mara.

Jalur Hijau disebut sebagai Go Shopping karena melewati area ellit Bukit Bintang dan beberapa pusat perbelanjaan modern di KL.

halte bus GO-KL

Bus di sini sangat patuh dan taat, bus hanya akan berhenti di spot-spot yang telah disediakan. Tidak ada perhentian terakhir, bus akan terus memutar sesuai dengan jalur masing-masing. Jika ingin turun, silahkan pencet tombol bel untuk pemberitahuan pada supir.

inside bus GO-KL


Bus GO-KL ini beroperasi dari pukul 6 pagi hingga pukul 11 malam pada hari biasa dan pukul 7 pagi hingga pukul 10 malam pada akhir pekan. Waktu menunggu bus ini juga tidak terlalu lama, hanya berkisar antara 10-15 menit saja. Selamat mencoba dan selamat berkeliling gratis di KL!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s