[How To] Padang to Pesisir Selatan with local Transport

 

beautiful view in peisir Selatan

Sejak nama “puncak mandeh” dielu-elukan sebagai Raja Ampat nya Sumatera Barat, daerah Pesisir Selatan mulai ramai didatangi oleh turis lokal dan internasional. Menyoal tempat fotogenik, Sumatera barat punya banyak. Ada pantai-pantai berpasir putih dengan background bukit barisan, ada pantai-pantai dengan pohon pinus yang berjajar, ada bukit-bukit dengan pemandangan seindah surga, ada pulau-pulau perawan, ada alam bawah laut yang bahkan masih jarang tersentuh. Pasti mampu membuatmu terharu bahagia hanya dengan berada di tempat itu, saya yakin.

Berbeda cerita dengan infrastruktur jalan dan transportasi, sudah rahasia umum betapa hancur dan berantakannya hal itu. Bahkan Padang, ibu kota Sumatera barat tidak memiliki terminal bus antar kota ataupun dalam kota yang layak. Mencari transportasi dengan cara termurah di sini butuh sedikit bersiasat. Butuh banyak berbincang dan bertanya dengan penduduk lokal, butuh keberuntungan.

Untuk itu saya ingin berbagi, cara murah dan ‘cukup’ nyaman bagi backpacker berpindah dari Padang ke Pesisir Selatan (Painan, Bayang, Kambang, dll). Travel Mia melayani rute ini dengan minivan setaraf xtrans/daytrans yang dibuat lebih padat.

Biar saya ingatkan terlebih dulu, ini Sumatera. Beberapa hal yang butuh diketahui :

  1. Meski pada dasarnya minivan ini ditulis menggunakan AC, pada kenyataannya AC sangat jarang dinyalakan.
  2. Waktu keberangkatan seringkali ngaret, namun tidak akan lebih dari setengah jam
  3. Supir seringkali mengambil penumpang di sepanjang jalan. Jadi jangan bingung jika ada yang tiba-tiba masuk
  4. Travel ini tidak punya pool khusus untuk berhenti berisitrahat. Jika butuh ke toilet, jangan sungkan untuk memberitahu driver.
  5. Travel ini menghantarkanmu ke tempat tujuan, jika belum punya alamat hotel bisa langsung bertanya pada driver

 

mia ticket for 4 people, 20.000 rp/each person

Dengan semua keterbatasan tersebut di atas, untuk harga 20 ribu/ orang dari Padang ke Painan, travel ini masih ada dalam kategori “cukup nyaman”. Jika ada yang berminat, pool travel ini terletak persis di seberang hotel grand zuri, jalan MH Thamrin no 8 Alang Lawas. Telepon : 0751-32581; HP: 081267014567

mia travel

Mia Travel , google

 

Selamat berpetualang dan semoga terbius dengan keindahan alam sumatera barat dan melupakan segala perintilan kecil yang membuatmu meringis. Jalan ke surga tidak mudah, Jendral! *eh

peta mia.JPG

Mia Travel map

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s