[story] Cinta Segitiga di Ende

Salah satu hal yang membuat sebuah perjalanan berkesan tentunya cerita, mitos dan sejarah yang ada di belakangnya. Saya teringat perkataan seorang guru, “jika ingin lebih mudah mengingat sesuatu, tambahkan lebih banyak informasi.” Nah petuah ini yang sering saya aplikasikan, saat sampai di kota baru. Mencari informasi dan cerita sebanyak mungkin, agar kota itu melekat di ingatan. 
 

Meja Mountain, Ende

 

Ende satu dari banyak kota yang mempertemukan saya dengan teman luar biasa. Sebuah cerita yang kemudian didogengkan pada saya saat itu. Tersebutlah sebuah cinta segitiga antara gunung Ian, gunung Meja dan gunung Wonggeh. Karena Kecemburuannya pada Gunung Meja, lantas Gunung Ian menggunakan parangnya berupa pulau Ende untu memotong kepala Gunung Meja. Nah itulah Gunung Meja yang sudah kehilangan kepalanya. 

Terlepas dari kebenarannya, kisah ini akan selalu mengalun di kepala setiap kali saya mendegarkan kata Ende. Sekedar mengingatkan, lima butir pancasila tercetus di kota ini!  Tempat ini punya pesona tersendiri selain persinggahan sebelum menuju Kelimutu. 

Padang, 2016-2-15

Ivy

*biru bercerita

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s