[Story] Bersalaman dengan Alam WayKambas 

touch the nature, waykambas 2015

get packed and ready to explore !

Taman nasional yang berjarak 110 km dari kota Bandar Lampung ini memiliki luas  sebesar 125.621 ha. Untuk perbandingan, ukuran satu lapangan sepakbola sekitar ~0.62 ha – 0.82 ha.

welcoming board in waykambas

Taman nasional Waykambas (TNWK) punya lima mamalia besar yang jadi andalan gajah, badak, harimau, tapir dan beruang. Selain mamalia besar,  terdapat sekitar 300 jenis burung yang menarik untuk diamati terutama mentok rimba yang keberadaannya mulai terancam punah

bird watching activity in Waykambas

Buka mata, buka telinga dan pelankan langkah. Banyak flora fauna menarik lain seperti tanaman parasit fikus yang mampu mengambil ahli hidup tanaman inang. Serangga Planthoppers nymph bentuknya menyerupai tanaman.

Planthoppers nymph, Waykambas Lampung

Di Waykambas juga terdapat Pusat Konservasi Gajah (PKG) pertama di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1985. Hingga saat ini terdapat 60 ekor gajah jinak yang bernaung dalam pengawasan PKG dan sekitar 200 gajah liar di area Waykambas.

elepant conservation center, Waykambas Lampung

Perbedaan gajah betina dan jantan terletak pada gadingnya. Gading hanyalah milik para pejantan. Hewan besar berbelalai panjang yang mampu bertumbuh hingga berat 6 ton ini punya kapasitas makan 5-10% dari berat tubuhnya.

cocoon tree waykambas

Mentok rimba atau yang dikenal dengan nama ilmiah cairina senang menghabiskan harinya bermain di rawa-rawa. Disediakan rumah pohon dengan ketinggian 20 m untuk  mengamati mentok-mentok ini secara lebih leluasa.

Kimong, waykambas Lampung

Satu dari banyak hal menyentuh yang tersaji di waykambas, kimong. Perkenalkan siamang manis berumur sekitar 7 tahun yang disita karena pemeliharan liar. Kimong yang seharusnya dilepas bebaskan selalu kembali ke pos penjagaan karena telah terbiasa dengan manusia. Ada sendu dan juga haru di matanya.

namaste

Di akhir perjalanan, kumpulan kisah menarik yang terkumpul beberapa hari ini punya tempat tersendiri di lipatan hati. Waykambas tempat hangat penuh satwa menarik yang butuh perhatian lebih terutama dari para kaula muda. Kembali ke sini? Pasti.. Masih ada mimpi bertemu badak yang belum terpenuhi. Ada yang ingin ikut?

beautiful sceneary, Waykambas Lampung

Spesial thanks to KEHATI ( yayasan Keanekaragaman Hayati) dan TFCA (Tropical Forest Conservation Action) untuk perjalanan luar biasa ini. Tak lupa juga untuk 10 biodiversity warrior yang membuat perjalanan ini lebih bewarna 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s