[Story] Kanom Krop & Keberuntungan Awal Tahun 2015

taken at garden flower chiang rai, thailand

taken at garden flower chiang rai, thailand

Hidup memang selalu punya cara tersendiri untuk membuatmu terpesona dan terganga, percayalah! ~blueismycolour

 

 Setelah kesal luar biasa karena booking hotel yang dibuat sebulan sebelum dengan segala susah payah dan sambungan international masuk ke kategori tak berguna, lalu ditambah kekecewaan karena hampir semua hotel, hostel dan guest house yang ada di Mae Salong penuh. Sedih! Tujuan utama saya ke Thailand kali ini untuk menghadiri festival cherry blossom di Mae Salong yang jelas sekarang tinggal kenangan. Gagal total!

Keterpurukan “halah” belum berakhir di sana, masih ada tugas berat mencari hotel kategori oke di Chiang Rai dengan harga bersahabat dan posisi strategis di penghujung tahun. Untuk informasi, saat itu kali pertama saya berpetualang dengan ibu, perasaan paling menyesakan memikirkan ibu akan terlunta-lunta di penghujung tahun, miris. Saya butuh mujizat! Hanya itu yang terpikir dalam kantuk dan kegalauan malam itu.

CR1

Saat papan nama Kanom Krok dipasang

Pagi 30 December 2014 bangun dengan perasaan enggan dan kecemasan yang mengantung. Bergegas mandi dan berharap menemukan sedikit peruntungan. Berjalan beberapa langkah , sebuah bangunan apik dengan taman tertata indah menarik perhatian saya. Sedikit ragu untuk melangkah, saya terlalu pesimis guest house sebagus ini masih memiliki kamar untuk malam ini dan malam tahun baru. Senyum ramah menyambut saya persis sesaat ketika saya ingin berbalik dan menjauh, ploy nama perempuan itu. Dengan hati yang berdegup-degup akhirnya saya bertanya , “do you have a room for today and tomorrow?” Ploy kembali tersenyum kepada saya,  “yes we have a brand new room that just finish a couple day ago”

tempah leyeh-leyeh di kam

Tempat leyeh-leyeh di dalam Kanon Krok

Berjalan lunglai tanpa harapan, lalu mendapati apa yang kamu cari hanya beberapa langkah dari tempatmu.  Sungguh kegembiraan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata, saya bahagia tak terkira dan langsung berseri-seri. Kamar itu lebih dari luar biasa, seperti apartemen kecil dengan lighting dan semua perabotan baru. Ya, saya dan ibu jadi orang pertama yang tinggal di kamar tersebut di tahun yang baru. Perayaan tahun baru terunik selama hidup saya!

Kasur nyaman dengan lighting sempura

Kasur nyaman dengan lighting sempurna

Ruangan baru ini dibangun sendiri oleh pemilik Baan Jaru,  kamar tersebut diberi nama Kanom Krop sesuai dengan nama anjing English bulldog kesayangan mereka yang baru saja meninggal beberapa bulan lalu. Sungguh sebuah penghormatan yang luar biasa untuk seekor anjing! Dalam bahasa Thailand Kanom krop adalah sejenis makanan manis seperti puding kelapa

garden flower chiang rai, thailand

garden flower chiang rai, thailand

Keberuntungan tak berakhir di sana, keluarga Baan Jaru sangat bersahabat dalam menjamu tamu. Toddy sang manager hotel sangat ramah dan luar biasa membantu dalam memberi arahan dan tempat-tempat wajib kunjung. Toddy menceritakan tentang garden flower yang berakhir menjadi tempat favourite ibu saya selama trip ini. Kami kembali sebanyak 3x ke sana, luar biasa? Tak terkatakan.

Garden flower waktu malam

Garden flower waktu malam

 Persis di saat saya tak mampu berharap, hidup malah membuat saya terpesona dan terngaga! Memberikan kejutan-kejutan yang bahkan lebih luar biasa dari yang mampu saya bayangkan. Hal-hal seperti ini yang membuat perjalanan menjadi lebih bewarna dan bermakna. Senyaman apapun berjalan dengan segala rencana, kadang kamu butuh tersesat tanpa rencana untuk memahami bahwa menemukan sesuatu yang berharga tanpa direncana adalah pengalaman tak terlupa. Seredipity of travelling! Keep travel guys…

CR-me1

 *silahkan kunjungi instragram saya untuk foto-foto garden flower lainnya @1vypuppy

T, 2015-1-20

CP :

Jetyod Road, Wiang, Mueang Chiang Rai District, Chiang Rai 57000, Thailand

+66 82 028 5666

harga : ~ 1000-1500 bath/ malam ( include breakfast)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s