[How To] Cambodia-Thailand Crossing Border

a4

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan sebelum ber-backpacker ke suatu tempat atau negara baru adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Informasi seperti perlengkapan yang kita siapkan untuk menghadapi kondisi-kondisi yang tidak bisa diprediksi. Sebagai sesama traveller, saya ingin sedikit berbagi informasi tentang poipet. Poipet adalah salah satu perbatasan antara Cambodia – Thailand yang paling terkenal. Awal tahun ini saya menggunakan jalur Poipet – Aranyaprathet untuk menyeberang dari Siem Reap ke Bangkok.

a2 a3

Perihal menyeberang dari satu negara ke negara lain, tidak berbeda jauh dengan keluar dari satu rumah dan masuk ke rumah lain. Pertama-tama, pamit dulu dari pemilik rumah pertama. Akan ada proses pemeriksaan dokumen-dokumen, untuk memastikan bahwa kita bukan pencuri yang dibiarkan keluar dari pintu belakang. Setelah semua dokumen kedatangan tersertifikasi, maka kita akan mendapat restu untuk keluar dari Negara tersebut. Keluar dari rumah pertama tentu tidak serta merta langsung masuk ke rumah kedua, ada sedikit jarak pemisah untuk menjaga keharmonisan kedua tetangga.

a5

Untuk gate Poipet – Aranyaprathet , mottonya adalah goyang lutut. Kenapa? Ada beberapa akomodasi untuk melewati gate ini, seperti taxi, direct bus atau mini van. Apapun jenis transportasi yang digunakan, untuk melewati gate ini semua turis harus berjalan kaki dan membawa serta semua barang bawaannya. Jarak pemisah itu sebenarnya hanya ~200 m, namun dengan ransel penuh dan cuaca terik cukup untuk membakar kalori. Namun jangan khawatir, ada porter local yang bersedia membawakan barang dengan bayaran bervariasi 2-10$.

a6

Di pos imigrasi aranyaprathet (Thailand), kita akan diminta untuk mengisi fomulir kedatangan. Hal penting yang butuh disiapkan adalah alamat hotel, hostel atau Guess house yang akan diinapi. Belum memutuskan? Tuliskan nama dan alamat dari salah satu “calon” hostel tersebut. Selebihnya berikan senyum dan bersikap senormal mungkin saat menghadapi petugas imigrasi. Setelah passport dicap, maka kita dan barang bawaan siap melalui mesin screener. Voila! Selamat datang di Thailand.

a1

Bagi yang menggunakan mini van atau direct bus, kendaraan sudah menanti tak jauh dari gate. Ada baiknya mengingat plat number dari bus atau minivan yang digunakan.  Bagi yang ingin melanjutkan perjalanan dengan kereta api, bisa menggunakan tuk-tuk, ataupun bisa berjalan kaki sejauh 500 m menuju train station. Setiap hari ada 2 jadwal kereta kelas 3 dari arranyaprathet menuju Hualambong, Bangkok. ( info lengkap tentang kereta www.seat61.com)

Direct bus – Nattakan Transport

22 Sivatha Blvd, Svay Dangkom District, Siem Reap ( close to KFC)
T: 063 96 48 96; 078 975 333

One way ticket : 28$ (termasuk makan pagi dan siang  ~ March 2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s