Usia

Kemarin saya terlibat perbincangan yang cukup menarik dengan teman saya, tentang usia. Pasalnya seorang teman lainnya berulang tahun kemarin dan saya tidak tau dan tidak ingin mencari tahu sudah berapa lama dia mengarungi hidup sebagai sosok manusia. Apakah itu salah? Apakah saya teman yang tidak perhatian?

Bagaimana kita saling mengenal dan akhirnya terikat dalam lingkaran teman tak selalu seperti pertalian biasa di sekolah-sekolah. Sering kali kita bertemu dengan ‘teman-teman’ lain dalam ruang lingkup yang berbeda, bersentuhan dengan orang-orang yang punya perbedaan usia cukup menyolok. Menurut saya umur dan usia mereka tak lagi menjadi problema yang butuh dipergunjingkan. Jika pada akhirnya tau pun, itu karena ketaksengajaan dan akan berakhir dengan pernyataan “oh… wah ga nyangka” .

Bukan saya tidak peduli dengan segala pencapaiannya dalam hidup, bukan. Tentu saja saya termasuk orang yang sangat peduli dengan pencapaian hidup saya. Namun untuk pencapaian hidup orang lain, rasa-rasanya itu di luar kapasitas saya untuk menginfestigasi. Maka saya memilih untuk tidak mencari tau dan cukup menempatkan diri dalam porsi yang saya anggap pantas. Namun jika suatu waktu diberi tahu oleh si empunya umur atau orang lain-nya, semoga tak merubah pandangan apapun tentang orang tersebut. Bukan hak saya untuk menghakimi dia tentang hidup dan pencapaiannya.  Akh… Semoga cara saya ini tidak disalah artikan sebagai ketakpedulian, semoga…

image

“It`s not how old you are, it`s how you are old.”
― Jules Renard

Tawau, 2013-12-7

ivy

*biru berbicara tentang usia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s