Take Care U,first!

Semalam saya mendapatkan link wawancara Jada Pinkett Smith dengan seorang anak yang bertanya bagaimana sulitnya menjadi istri sekaligus ibu? Jawaban Jada sungguh di luar prediksi dan membuat saya tersentak dan terenyuh jauh. 

 “I have to be responsible enough to take care of me, because (if I am not), I will start making YOU responsible for MY happiness. Because we’ve lost our way on how to make ourselves happy.” ~ Jada Pinkett Smith

Banyak dari kita ketika berada di posisi sangat mencinta lalu merelakan semua “dunia” kita untuk anak-anak, untk orang tua, untuk suami, untuk istri untuk patner untuk orang-orang terdekat. Hal ini sering kali membuat kitaa lupa untuk membahagiakan diri sendiri dan menjadikan orang lain sebagai sumber kebahagian kita.

Kita berubah menjadi orang yang menuntut, memaksa dan merengkuh terlalu erat. Menjadikan orang-orang terdekat sebagai perpanjangan tangan untuk membuat kita merasa bahagia. Kita lupa bagaimana membuat diri sendiri menjadi bahagia. Pergeseran ini yang sering kali menjadi akar permasalahan, merambat perlahan lalu mengikatmu kuat hingga tak lagi punya ruang untuk bernafas. Merasa tersedak dan terkurung.

Penjelasan Jada sungguh menohok persis di uluhati. Membuat saya berkaca dan memandang jauh pada sosok di dalam cermin sembari berbisik “apa aku sudah membahagiakanmu?” Saya harus mampu membahagiakan diri saya sendiri terlebih dahulu di atas segala kebahagian lainnya. Terdengar egois? mungkin. Tapi begitulah cara terbaik untuk tidak kehilangan ‘diri’ dan tersesat di lautan hidup. Kamu harus punya cukup “bahagia” untuk dirimu sebelum mampu membuat orang lain merasa bahagia. 

Kamu harus punya “kapalmu” sendiri sebelum bisa berlayar menemukan kapal-kapal lainnya dan pelabuhan tempat menambatkan sauh. Jangan pernah merelakan kapalmu dengan alasan apapun! 

Taken at Sutera Harbour, Kinabalu - Maret 2013

Taken at Sutera Harbour, Kinabalu – Maret 2013

T, 2013-11-15

ivy

*biru yang merasa tertohok

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s