Tiga Permintaan

clip_image002

jika kita diberi kesempatan oleh Tuhan untuk mengajukan 3 permintaan yang pasti akan dikabulkan, apa yang akan kita minta? Sebaris pertanyaan ini sungguh membuat saya tergelitik dan kembali menilik ke dalam diri saya. Seandainya hal itu terjadi pada saya, 3 permintaan apa yang akan saya lontarkan. Jika harus memilih 3 permintaan dari sekian banyak hal yang kita inginkan, setidaknya bagi saya. Diberi waktu untuk merenungipun sepertinya masih cukup sulit untuk menjawabnya.

Pertanyaan itu setajam pisau yang langsung menyayat tajam. Sebenarnya pertanyaan ini menyelubungi hal yang sangat penting. 3 hal yang kamu anggap paling berharga dalam hidupmu. Mungkin tujuan hidupmu, seseorang yang teramat berharga buatmu, keinginan terpendam yang tak pernah terwujud, hal-ikwal duniawi yang selama ini kamu impikan, semua berkecamuk dan berpacu untuk menjadi yang utama.

Ada yang menjawab, kesehatan, panjang umur dan rezeki yang berlimpah. Ada juga seorang yang lebih bijaksana menjawab, kesehatan, hidup bahagia dan bisa berada di sisi Bapa di surga. Tapi sebenarnya apa cukup hanya 3 permintaan buat manusia yang selalu dilingkupi dengan perasaan tamaknya?

Penjelasan dari Pastor tadi pagi sungguh membuat saya tercengang. Dijelaskan tak mungkin manusia bisa puas dengan semua yang diberikan Tuhan. Setelah 3 permintaan tersebut, pasti akan tetap ada lagi permintaan yang diinginkan oleh manusia. Lagi..lagi..dan lagi tanpa pernah merasa puas atas apa yang telah kita dapatkan.

Seharusnya hanya satu permintaan yang perlu kita ajukan. Satu permintaan yang dijamin akan membuat kita menjadi lebih menikmati hidup, satu permintaan yang akan mengubah pola pikir kita tentang hidup, satu permintaan untuk mensyukuri apa yang telah kita miliki. Rasa puas untuk semua yang telah kita dapatkan. Yaa.. rasa syukur akan membuat kita menjadi manusia baru yang lebih menghargai hidup dan berhenti untuk terus meminta. Melepaskan kita dari belunggu nafsu dan obsesi untuk mendapatkan lebih dan lebih setiap harinya.

“Apakah kita akan meminta hal itu jika diberi kesempatan meminta 3 permohonan?”  Saya tau hal itu tidak segampang mengkata-katakannya, tapi setidaknya dengan mengetahui kita sudah selangkah lebih dekat, bukan?

Bandung, 2009-07-26

Ivy

2 thoughts on “Tiga Permintaan

  1. kalo gw mah di permintaan trakir bakal minta permintaan yg ga terbatas.. haha. maruk bgt y? xp
    serius2.. klo gw dikasi 3 permintaan, hal2 yg gw minta:
    1. smua org hidup bahagia
    2. gw n keluarga msk surga
    3. smua org pcy sama Tuhan.. (smua pnderitaan itu ada krn ketiadaan Tuhan -Einstein-)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s